Top-ads

ads

Cara Menginstall Microsoft Office 2007 di Ubuntu 12.10

By | Leave a Comment
Hari ini alhamdulillah saya sukses menginstall Microsoft Office 2007, tapi kok 2007, kenapa ngga 2010 sekalian? :D Karena yang 2010 harus download banyak file dengan ukuran besar dulu, seperti dotnet, jadi saya sekarang dikejar deadline. Saya cuma ingin membuka file dokumen saya tanpa harus balik ke OS Jendela.


Aplikasi dokumen bawaan linux seperti Libre Office, Abi Word, Open Office, dll, memang bisa, namun fasilitas yang diberikan tidak selengkap di Microsoft Office, seperti ketersediaan template, tata letak layout, dll.

Dan aplikasi yang saya pakai untuk menginstall program dari Windows adalah Wine (atau Anda juga bisa menggunakan PlayOnLinux, terserah Anda mau pakai yang mana). Berikut ini adalah tutorialnya dengan menggunakan Wine.

Sebelum menginstall, pastikan Anda sudah memiliki file aplikasi (master program) Microsoft Office 2007, boleh dalam bentuk file di harddisk atau di CD.

Selanjutnya ikuti tutorial di bawah ini :

1. Pastikan di Ubuntu Anda sudah terinstall Wine versi terakhir :

sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wine1.5

2. Silakan menuju ke Application > Wine > Configure Wine (klik) lalu akan muncul kotak dialog.
Klik tab Application, kemudian pada pilihan Windows Version, pilih Windows XP atau Windows 7. Lalu klik Apply/OK.

3. Sekarang masuk pada sesi menginstall Microsoft Office 2007 - agar bisa menjalankan file Setup.exe, klik kanan lalu pilih properties, pada tab Permissions centang tulisan Allow executing file as program. Lalu klik 2x file Setup.exe, jika tidak terjadi proses penginstallan, maka coba di-klik kanan, lalu pilih Open with ...Wine Windows Program Loader.
Sekarang Anda akan dengan mudah menginstall Microsoft Office 2007.

4. Setelah diinstall, Power Point akan gagal dijalankan. Cara mengatasinya, silakan ke Application > Wine > Configure Wine (lalu klik), pada tab Libraries, pada kotak New Override for Library, silakan ketik riched20.dll, lalu klik Add. Setelah itu edit file riched20.dll lalu pilih Native (Windows). OK



Microsoft Office 2007 sekarang sudah berjalan dengan normal. :)
Semoga bermanfaat.

Sumber
Newer Post Older Post Home

0 Comment: