Top-ads

ads

Hari Air Dunia : Tahun Kerjasama Air Internasional

By | Leave a Comment
Hari Air Sedunia (World Day for Water) adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan ini di umumkan pada Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Setiap tahunnya pada Hari Air Sedunia terdapat tema khusus, contohnya pada 2009 "Air Bersama, Peluang Bersama" (Shared water, shared opportunities).

Pada bulan Desember 2010, Majelis Umum PBB melalui Resolusi A/RES/65/154 telah mendeklarasikan tahun 2013 sebagai Tahun Kerjasasama Air Internasional.
Sehubungan dengan deklarasi itu, maka pada peringatan Hari Air Sedunia 2013 ( 22 Maret 2013) akan didedikasikan untuk kerjasama air internasional.
Dan pada tahun 2013 ini mengambil tema khusus World Water Day : International Year of Water Cooperation (Hari Air Dunia : Tahun Kerjasama Air Internasional)


Tujuan dari Tahun Kerjasama Air Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran, baik pada potensi untuk meningkatkan kerjasama, dan tantangan yang dihadapi pengelolaan air semakin terang dari peningkatan permintaan untuk akses air, alokasi dan jasa.

Tahun 2013 akan menyoroti sejarah inisiatif kerjasama air yang sukses, serta mengidentifikasi isu-isu tentang semangat pendidikan air, diplomasi air, pengelolaan air lintas batas, kerjasama pembiayaan, nasional / kerangka kerja hukum internasional, dan hubungan dengan Tujuan Pembangunan Milenium. Hal ini juga akan memberikan kesempatan untuk memanfaatkan momentum yang diciptakan pada Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan (Rio 20), dan untuk mendukung perumusan tujuan baru yang akan berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya air yang benar-benar berkelanjutan.

Bagaimana dengan Indonesia ? Kita tunggu saja respon Pemerintah Indonesia terhadap Tahun Kerjasma Air Internasional itu. Dimata dunia Internasional, Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki sumber daya air yang cukup besar. Yaitu  nomor empat terbesar didunia. Tetapi, dunia juga mencatat bahwa bencana kekeringan dan kelangkaan pangan juga terjadi di negeri yang memiliki penduduk yang cukup besar di dunia.

Apa yang dapat dilakukan Indonesia dalam menjalin kerjasama air dengan Negara lain pada momen Kerjasama Air Internasional? Apa manfaat dari kerjasama itu bagi negara dan masyarakat Indonesia? Apakah Negara lain tertarik menjalin kerjasama dengan Indonesia, agar Banjir yang kerapkali terjadi di Ibu kota Negara dan sejumlah daerah lainnya dapat teratasi?

Tentu saja semua ini juga tidak serta merta tergantung kepada pemerintah Indonesia, namun juga masyarakatnya. Kita harus tahu betul akan pentingnya menjaga kelestarian sumber air bersih, secara tidak langsung akan membentuk karakter yang cinta akan lingkungan. Sehingga tidak hanya akan membentuk generasi yang sehat, namun juga cerdas serta berkualitas. Generasi kita, anak-anak kita, cucu-cucu kita, adik-adik kita membutuhkan air yang bebas dari pencemaran!

Ayo kita bersama-sama memperingati
HARI AIR DUNIA
Tahun Kerjasama Air Internasional
World Water Day : International Year of Water Cooperation
(22 MARET 2013)
^^


Apakah Anda semua rela jika generasi kita hidup tanpa air bersih?
Apakah Anda rela jika senyuman polos mereka hilang?
Ayo kita jaga lingkungan sekarang demi anak cucu kita!
Mari kita jaga kelestarian lingkungan dan hidup cerdas! :)
 








Sumber : Wikipedia, Kherjuli
Newer Post Older Post Home

0 Comment: